Sabtu, 05 Oktober 2013

Beberapa Prinsip Rizqi

Rizki tak ubahnya seperti kematian. 
Selama ajal masih dikandung badan maka selama itu pula rizki akan terus datang. Keyakinan ini harus selalu terpatri dalam hati sehingga manusia tidak akan disibukkan dengan rizqi sampai pada tingkat parah yakni melupakan tugas utama sebagai hamba yang harus mengabdi kepada Alloh. Berikut ini beberapa prinsip seputar rizqi yang harus difahami agar untuk masalah yang satu ini manusia tidak tercekam oleh kesedihan hati. 
1. Rizqi sebanding dengan kebutuhan. Sebagaimana Rosululloh Shollallohu alaihi wasallam bersabda:
 إِنَّ الْمَعُوْنَةَ تَأْتِى مِنَ اللهِ لِلْعَبْدِ عَلَى قَدْرِ الْمَؤُوْنَةِ وَإِنََّ الصَّبْرَ يَأْتِى مِنَ اللهِ لِلْعَبْدِ عَلَى قَدْرِ الْمُصِِيْبَةِ 
“ Sesungguhnya pertolongan untuk hamba datang dari Alloh sesuai kadar biaya (kebutuhan) dan sesungguhnya kesabaran bagi hamba datang dari Alloh sesuai kadar bencana” *)

Dengan jelas sekali sabda Rosululloh SAW ini meyakinkan kita semua akan jaminan Alloh SWT. Sungguh Dia Maha Pemberi Rizki pasti akan menurunkan pertolongan dan menganugerahkan rizkiNya kepada hamba sesuai dengan kadar yang dibutuhkan. Imam al Munawi berkata, “Maksud hadits ini adalah jika seorang berkewajiban membiayai hidup orang – orang yang secara syara’ wajib ia biayai, maka jika biaya itu sedikit maka Alloh juga memberi sedikit. Jika biaya itu banyak dan orang tersebut mau berusaha dengan keras pada jalur yang benar niscaya Alloh menurunkan anugerahNya dan memberinya rizqi dari jalan yang tidak tersangka sehingga ia mampu mencukupi kebutuhan orang – orang yang wajib ia hidupi.
Hal ini dengan syarat bila orang tersebut mau memohon pertolongan kepada Alloh dengan sungguh – sungguh dan tulus. Pada saat itulah dia akan dikabulkan. Karena barang siapa yang harus mengeluarkan biaya dan ia memohon pertolongan kepada Alloh niscaya pertolongan Alloh pasti datang sesuai kebutuhan sehingga tak ada kata lemah baginya selamanya” Sabda Rosululloh SAW selaku manusia yang paling bertaqwa di atas mendorong kita semua agar percaya penuh dengan kekuatan dan kekusaan Alloh, mengarahkan dan menyandarkan harapan dan permintaan hanya kepadaNya serta secara tersirat melarang melakukan tindakan mengirit biaya (taqtiir) keluarga. Tidak semestinya seseorang khawatir miskin karena memiliki banyak anggota keluarga sebab Alloh pasti menolongnya. Tetapi sebaiknya dia berjuang dan bekerja maksimal dengan tetap bersandar kepada Alloh. 
Berangkat dari sinilah ketika sebagian murid datang mengeluhkan susahnya mencari nafkah, maka sang guru lalu memerintahkan murid supaya menikah. Perintah ini membuat murid terheran, karena untuk mencukupi diri sendiri saja ia belum bisa, apalagi harus menghidupi isteri. Kendati demikian perintah sang guru tetap ia jalankan. Sesudah mempunyai isteri, murid datang lagi dan mengeluhkan penghidupannya yang susah. Sang guru lalu memerintahkan agar murid bertempat di sebuah rumah, lalu membeli kendaraan dan mengambil pembantu. Setelah itu Alloh pun meluaskan rizkinya. Oleh sang guru, saran – saran yang diberikan kepada murid tak lain diilhami oleh hadits di atas. Sungguh Alloh telah berfirman dalam hadist Qudsi kepada Nabi Dawud as:
 يَا دَاوُدُ إِصْبِرْ عَلَى الْمَؤُوْنَةِ تَأْتِكَ الْمَعُوْنَةُ وَإِذَا رَأَيْتَ لِى طَالِبًا فَكُنْ لِى خَادِمًا 
“ Wahai Dawud, bersabarlah atas biaya (yang harus kamu tanggung) maka pertolongan pasti datang kepadamu. Dan jika kamu melihatKu menuntut maka jadilah pelayanKu” 
2. Harus menetapi satu pintu Rosululloh Shollallohu alaihi wasallam bersabda:
 مَنْ بُوْرِكَ لَهُ فِى شَيْءٍ فَلْيَلْزَمْهُ 
“ Barang siapa diberkahi dalam sesuatu maka hendaknya ia menetapinya. “ (HR Ibnu Majah.dari Anas ra) 
Hadist diatas menyebutkan barang siapa yang telah memperoleh penghasilan dari sebuah sumber penghidupan (ma’isyah) maka hendaknya ia senantiasa menetapi dan tidak meninggalkan sumber tersebut selama masih memancarkan air penghidupan. Sebab bisa jadi arah baru yang hendak dituju tidak memancarkan sumber yang diinginkan. Nafi’ berkisah: Aku biasa berdagang ke Syam dan Mesir dan pada suatu kesempatan hendak berdagang ke Iraq. Setelah semua telah siap dan sebelum berangkat aku menyempatkan berpamitan kepada Ummul Mu’minin Aisyah ra. “Saya hendak pergi berdagang ke Iraq meski sebelumnya biasa pergi berdagang ke Syam dan Mesir“. Mendengar ini Ummul Mukminin memberikan nasehat : Jangan lakukan itu. Sungguh aku mendengar Rosululloh Shollallohu alaihi wasallam bersabda:
 إِذَا سَبَّبَ اللهُ ِلأَحَدِكُمْ رِزْقًا مِنْ وَجْهٍ فَلاَ يَدَعْهُ حَتَّى يَتَغَيَّرَ لَهُ
 “ Jika Alloh memberikan untuk salah seorang dari kalian sebuah jalan rizqi maka jangan meninggalkan jalan itu sehingga berubah “. (HR Ibnu Majah dari Nafi’) 
3. Satu Tertutup Banyak Terbuka Imam Ibnul Qoyyim al Jauziyyah berwasiat: “ Jika dengan hikmahNya Dia Menutup bagimu satu jalan maka dengan hikmahNya pula Dia pasti membuka untukmu jalan yang lebih banyak dan lebih bermanfaat. Renungkanlah keadaan janin! Pertama kali makanannya adalah darah dari satu jalan yaitu pusar. Ketika janin telah keluar dari perut ibunda dan jalan pusar itu tertutup maka terbuka baginya dua jalan yang mengalir darinya sesuatu yang lebih enak dari sebelumnya yaitu ASI dari dua puting payudara ibunda. Saat masa menyusui telah habis dan dua jalan itu tertutup oleh sapih (fithoom) maka terbuka bagi bayi empat jalan yang lebih sempurna; dua makanan dan dua minuman. Makanan dari hewan dan tumbuhan serta minuman air dan susu dan berbagai macam kelezatan yang lain. Ketika manusia telah mati dan empat jalan ini tertutup maka jika ia orang beruntung niscaya terbuka untuknya delapan pintu surga. Begitulah Alloh, Dia tidak mencegah sesuatu dari hambaNya yang beriman kecuali memberinya ganti yang lebih utama dan lebih bermanfaat”. 
4. Harus Melakukan Usaha Pencarian. Manusia meyakini tiada Tuhan selain Alloh. Dia Tuhan seru sekalian alam (Robbul Aalamiin). Bahasa Robb memberitahukan bahwa Alloh tidak hanya menciptakan manusia tetapi juga merawat dan mendidik manusia hingga manusia sampai pada ajalnya. Salah satu bentuk perawatan itu adalah Dia memberikan jaminan penghidupan. Rosululloh SAW bersabda:
 إِنَّ رُوْحَ الْقُدُسِ نَفَثَ فِى رَوْعِيْ لَنْ تَمُوْتَ نَفْسٌ حَتَّى تَسْتَكْمِلَ رِزْقَهَا فَاتَّقُوا اللهَ وَأَجْمِلُوْا فِى الطَّلَبِ 
“ Sesungguhnya roh kudus (Jibril) meniupkan dalam hatiku bahwa, “Semua yang bernyawa tak akan pernah mati sebelum mendapatkan semua bagian rizkinya. Dan berbuat baiklah kalian dalam pencarian. ” Hadits ini mengabarkan jaminan rizki dari Alloh sekaligus dengan jelas mengajarkan supaya seseorang menggerakkan tangan dalam rangka menyambut jaminan rizki dari Alloh SWT. 
Banyak sekali ayat – ayat Al-Qur’an dan hadits – hadits memberikan dorongan supaya manusia bekerja dan Alloh Maha Pemurah menganggap usaha kerja yang dilakukan oleh manusia sebagai bagian dari bentuk ibadah kepadaNya. 
Arti tawakkal (berpasrah) adalah menggabungkan unsur kepercayaan penuh terhadap jaminan Alloh serta melakukan usaha zhohir dengan menggerakkan tangan. Bila hanya berpasrah saja dan tanpa usaha maka itu disebut dengan tawaakul . Usaha zhohir sama sekali juga tidak bertentangan dengan konsep berpasrah diri (tawakkal), sebab berpasrah adalah aktivitas hati yang diperintahkan. Sementara aktivitas zhohir juga diperintahkan. Jadi bila salah satunya tidak ada berarti masih ada perintah Alloh yang ditinggalkan. 
Jika kita meneliti, para nabi dan orang – orang saleh terdahulu juga melakukan aktivitas usaha dalam rangka menyambut anugerah rizki dari Alloh. Karena itulah ketika Amar bin Umayyah adh Dhomari datang bertanya, “Wahai Rosul, saya lepaskan unta kendaraan (Roohilah) dan saya bertawakkal?” Nabi SAW lalu bersabda seperti di atas. Anas ra juga meriwayatkan: Seorang lelaki bertanya, “Wahai Rosul, saya mengikatnya (Roohilah) dan bertawakkal atau saya lepaskan dan saya bertawakkal?” Nabi SAW bersabda:
 إِعْقِلْهَا وَتَوَكَّلْ 
“Ikatlah dan bertawakal – lah!” HR Turmudzi. Secara mudah dapat disimpulkan bahwa hadits di atas menganjurkan supaya manusia mengambil sarana – sarana (Asbaab /Wasaa’il) tetapi jangan sampai bersandar dengan hal tersebut. 
Harits al Muhasibi berkata: “Barang siapa menyangka bahwa bertawakkal adalah meninggalkan aktivitas pekerjaan (kasab) maka hendaklah dia meninggalkan segala aktivitas dunia dan akhirat. Dan sesudah itu hendaklah dia menerima disebut sebagai orang bodoh”. 

 *) HR Turmudzi dalam “an Nawaadir”, Bazzar dalam “al Musnad”, Hakim dalam “al Kunaa Wal Alqoob” serta Thobaroni. Seluruhnya bersumber dari Abu Huroiroh radhiyallohuanhu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar