maaf, cuma bisa kasih tips, bagi yg suka motor bekas, semoga bermanfaat
Siapa
yang tidak tertarik memiliki motor baru? Namun, gara-gara keterbatasan
dana, sebagian orang berpaling ke membeli motor bekas.
Jika Anda termasuk salah satunya, berhati-hatilah. Saat ini banyak kondisi motor bekas tidak sesuai harapan. Ada-ada saja kerusakan yang ditimbulkan. Walhasil para pembeli motor bekas jadi kesal karena sering keluar uang buat perbaikan dan membeli suku cadang.
Nah, untuk menghindari kejadian seperti itu, Divisi Humas Kepolisian Republik Indonesia punya tip dan trik menarik dalam membeli motor bekas. Apa itu? Yuk kita simak.
1. Cek harga pasar
Sebelum mencari motor bekas, sebaiknya cek harga motor di pasaran terlebih dahulu baik dari koran, majalah atau internet, misalnya http://roda-dua.com.
2. Cek nomor rangka dan mesin motor
Periksalah nomor rangka dan mesin motor. Sesuaikan dengan STNK dan BPKB.
Pastikan tidak ada bekas ketokan di nomor rangka dan mesin. Jika ada, besar kemungkinan itu motor curian. Penadah biasa mengubah nomor rangka (agar sesuai STNK/BPKB) dengan cara mengetoknya.
Cara lain untuk yakin, cek nomor polisi melalui SMS. Caranya, ketik Metro[spasi]nomor polisi
Contoh: Metro B8118HJ — kirim ke 1717 (Jakarta).
Atau: JATIM L4444LY — kirim ke 1717 (Jawa Timur).
Catatan: Ketika kami coba, kami mendapat balasan bahwa sistem sedang ada gangguan sehingga kami disarankan cek ke SAMSAT terdekat.
3. Cek kondisi fisikPeriksa kondisi bodi, spion, baut, dan lain sebagainya. Apakah terlihat banyak goresan, kondisi retak atau pecah? Akan lebih baik jika semua yang menempel pada motor adalah suku cadang asli.
4. Cek kondisi oliBuka dan ukur oli yang ada di dalam mesin. Pastikan ukuran oli tidak berlebihan, karena oli yang berlebih akan membuat suara mesin menjadi lebih halus, sehingga dapat menyembunyikan suara asli motor yang mungkin berbunyi kasar atau berisik.
5. Cek speedometerPastikan agar tidak ada retak atau adanya bekas pembongkaran. Lihat jumlah berapa kilometer yang telah ditempuh. Jika di atas 20.000, maka dapat dipastikan akan banyak sekali komponen mesin yang akan segera Anda diganti. Tentunya dengan anggaran yang tidak sedikit.
6. Hidupkan mesinCoba hidupkan mesin motor, apakah bisa stasioner atau langsam. Karena kondisi pada mesin yang tidak bermasalah dapat langsam pada putaran kurang lebih 1500 rpm. Serta pastikan juga bahwa tidak ada bunyi-bunyian yang kasar di dalam mesin.
7. Cek perpindahan gigiJalankan kendaraan, dan perhatikan posisi perpindahan gigi apakah terasa sulit atau tidak. Apabila terasa sulit berarti menandakan kampas kopling motor tersebut akan segera habis. Satu lagi yang perlu diperhatikan juga adalah, jika terdengar suara mendesir pada saat motor berjalan. Kemungkinan besar gigi primer dari motor tersebut akan segera habis.
8. Cek rangka atau sasisPerhatikan kelurusan roda motor depan dan belakang, dan pastikan bahwa rangka atau sasis motor tersebut tidak bengkok. Jalankan sekitar 40 km/jam dan tekan rem sedikit mendadak untuk pastikan motor tidak sulit dikendalikan. Hal ini berguna untuk mendeteksi lurusnya sasis dan poros setang atau setir.
9. Cek kebocoranUsahakan Anda dapat mencoba jalankan motor lebih lama, dan setelah motor dijalankan kurang lebih sekitar 500 meter, perhatikan apakah terlihat adanya oli yang bocor melalui sela-sela mesin. Atau air radiator bocor bagi motor yang menggunakan radiator.
10. Cek kelistrikanPeriksa juga kelistrikan dan lampu-lampu seperti lampu motor depan, lampu sein, lampu rem belakang, klakson, lampu speedometer, atau starter elektrik motor. Apabila semua berfungsi atau hidup, berarti tidak ada kerusakan pada komponen dan kondisi aki motor tidak ada masalah.
11. Cek kondisi rodaLakukan pengecekan terhadap roda. Bagaimana kelurusan antara roda depan dengan roda belakang, hal ini untuk meyakinkan bahwa sasis atau rangka tidak membengkok, motor yang mengalami jatuh atau benturan keras bisa menyebabkan kebengkokan pada sasis.
12. Kalau bisa cobalah test-driveMintalah kepada si penjual agar Anda bisa menjajal mengendarai motor tersebut lebih lama. Anda tentu akan bisa merasakan apakah motor tersebut ada kelainan. Apakah setangnya lurus, apakah akselerasinya bagus, dll.
Kini setelah Anda tahu persis kondisi motor yang Anda beli, Anda tinggal memikirkan harga yang ditawarkan. Apakah cocok?
Jika Anda termasuk salah satunya, berhati-hatilah. Saat ini banyak kondisi motor bekas tidak sesuai harapan. Ada-ada saja kerusakan yang ditimbulkan. Walhasil para pembeli motor bekas jadi kesal karena sering keluar uang buat perbaikan dan membeli suku cadang.
Nah, untuk menghindari kejadian seperti itu, Divisi Humas Kepolisian Republik Indonesia punya tip dan trik menarik dalam membeli motor bekas. Apa itu? Yuk kita simak.
1. Cek harga pasar
Sebelum mencari motor bekas, sebaiknya cek harga motor di pasaran terlebih dahulu baik dari koran, majalah atau internet, misalnya http://roda-dua.com.
2. Cek nomor rangka dan mesin motor
Periksalah nomor rangka dan mesin motor. Sesuaikan dengan STNK dan BPKB.
Pastikan tidak ada bekas ketokan di nomor rangka dan mesin. Jika ada, besar kemungkinan itu motor curian. Penadah biasa mengubah nomor rangka (agar sesuai STNK/BPKB) dengan cara mengetoknya.
Cara lain untuk yakin, cek nomor polisi melalui SMS. Caranya, ketik Metro[spasi]nomor polisi
Contoh: Metro B8118HJ — kirim ke 1717 (Jakarta).
Atau: JATIM L4444LY — kirim ke 1717 (Jawa Timur).
Catatan: Ketika kami coba, kami mendapat balasan bahwa sistem sedang ada gangguan sehingga kami disarankan cek ke SAMSAT terdekat.
3. Cek kondisi fisikPeriksa kondisi bodi, spion, baut, dan lain sebagainya. Apakah terlihat banyak goresan, kondisi retak atau pecah? Akan lebih baik jika semua yang menempel pada motor adalah suku cadang asli.
4. Cek kondisi oliBuka dan ukur oli yang ada di dalam mesin. Pastikan ukuran oli tidak berlebihan, karena oli yang berlebih akan membuat suara mesin menjadi lebih halus, sehingga dapat menyembunyikan suara asli motor yang mungkin berbunyi kasar atau berisik.
5. Cek speedometerPastikan agar tidak ada retak atau adanya bekas pembongkaran. Lihat jumlah berapa kilometer yang telah ditempuh. Jika di atas 20.000, maka dapat dipastikan akan banyak sekali komponen mesin yang akan segera Anda diganti. Tentunya dengan anggaran yang tidak sedikit.
6. Hidupkan mesinCoba hidupkan mesin motor, apakah bisa stasioner atau langsam. Karena kondisi pada mesin yang tidak bermasalah dapat langsam pada putaran kurang lebih 1500 rpm. Serta pastikan juga bahwa tidak ada bunyi-bunyian yang kasar di dalam mesin.
7. Cek perpindahan gigiJalankan kendaraan, dan perhatikan posisi perpindahan gigi apakah terasa sulit atau tidak. Apabila terasa sulit berarti menandakan kampas kopling motor tersebut akan segera habis. Satu lagi yang perlu diperhatikan juga adalah, jika terdengar suara mendesir pada saat motor berjalan. Kemungkinan besar gigi primer dari motor tersebut akan segera habis.
8. Cek rangka atau sasisPerhatikan kelurusan roda motor depan dan belakang, dan pastikan bahwa rangka atau sasis motor tersebut tidak bengkok. Jalankan sekitar 40 km/jam dan tekan rem sedikit mendadak untuk pastikan motor tidak sulit dikendalikan. Hal ini berguna untuk mendeteksi lurusnya sasis dan poros setang atau setir.
9. Cek kebocoranUsahakan Anda dapat mencoba jalankan motor lebih lama, dan setelah motor dijalankan kurang lebih sekitar 500 meter, perhatikan apakah terlihat adanya oli yang bocor melalui sela-sela mesin. Atau air radiator bocor bagi motor yang menggunakan radiator.
10. Cek kelistrikanPeriksa juga kelistrikan dan lampu-lampu seperti lampu motor depan, lampu sein, lampu rem belakang, klakson, lampu speedometer, atau starter elektrik motor. Apabila semua berfungsi atau hidup, berarti tidak ada kerusakan pada komponen dan kondisi aki motor tidak ada masalah.
11. Cek kondisi rodaLakukan pengecekan terhadap roda. Bagaimana kelurusan antara roda depan dengan roda belakang, hal ini untuk meyakinkan bahwa sasis atau rangka tidak membengkok, motor yang mengalami jatuh atau benturan keras bisa menyebabkan kebengkokan pada sasis.
12. Kalau bisa cobalah test-driveMintalah kepada si penjual agar Anda bisa menjajal mengendarai motor tersebut lebih lama. Anda tentu akan bisa merasakan apakah motor tersebut ada kelainan. Apakah setangnya lurus, apakah akselerasinya bagus, dll.
Kini setelah Anda tahu persis kondisi motor yang Anda beli, Anda tinggal memikirkan harga yang ditawarkan. Apakah cocok?
sumber: yahoo.news
Tidak ada komentar:
Posting Komentar