Kamis, 14 November 2013

Tentang Abuya Assayyid Muhammad bin Alawy Al-Maliki Al-Hasani lagi


MENGENAL LEBIH DEKAT AL-IMAM AS SAYYID MUHAMMAD BIN ALAWI AL-MALIKI AL-HASANI.

 
 
 
 
PENGEMBARAAN MENUNTUT ILMU.
BELIAU BELAJAR KEPADA ULAMA AL-HARAMAIN ( MAKKAH DAN AL-MADINAH ). ADAPUN DIMAKKAH AL-MUKARRAMAH BELIAU BELAJAR DIMADRASAH AL-FALAH, MADRASAH ASH SHAULATIYYAH DAN MADRASAH TAHFIDZUL QUR’AN , DEMIKIAN PULA DI HALAQAH-HALAQAH ILMU MASJIDIL HARAM YANG PADA WAKTU ITU DITANGANI OLEH PARA SYAIKH (
GURU ) YANG MUMPUNI DIBIDANGNYA MASING-MASING.

SEMANGAT BELIAU YANG BEGITU TINGGI DALAM MENUNTUT ILMU DAN BERKAT PERHATIAN SERTA DORONGAN AYAH BELIAU TELAH MENGANTARKANYA PADA KEDUDUKAN YANG TINGGI DALAM DUNIA ILMU AGAMA, SEKALIPUN USIA BELIAU MASIH MUDA.

OLEH KARENANYA DIMASA BELAJAR ITU, BELIAU MENJADI TEMPAT PERHATIAN KHUSUS DARI PARA MASYAYIKH BELIAU. DAN INI TIDAKLAH BERLEBIHAN, SEBAB MEREKA MEMANDANG DAN MENGETAHUI TINGGINYA DAYA TANGKAP DAN DERASNYA ILMU PENGETAHUAN BELIAU.DAN SETELAH MELIHAT ITU SEMUA GURU-GURU BELIAU KEMUDIAN MEMBERIKAN IJAZAH DAN MENGIZINKAN UNTUK MENGAJAR DAN MEMBERIKAN FATWA DI MASJIDIL HARAM.

PADA USIA 25 TAHUN, BELIAU MERAIH GELAR DOKTOR ( PHD ) ILMU HADITS DI UNIVERSITAS AL-AZHAR, KAIRO DENGAN PREDIKAT EXCELLENT ( SANGAT MEMUASKAN ). BELIAU PUN MENJADI WARGA ARAB SAUDI PERTAMA DAN TERMUDA YANG MENERIMA IJAZAH PHD DARI AL-AZHAR .KEMUDIAN PADA USIA 26 TAHUN BELIAU DIKUKUHKAN SEBAGAI GURU BESAR ILMU HADITS PADA UNIVERSITAS UMMUL QURA, MAKKAH.INI ADALAH SEBUAH PRESTASI LUAR BIASA YANG LAYAK DICAPAI SEORANG PUTRA ULAMA BESAR DAN TERMASYHUR DI HARAMAIN.

AS SAYYID MUHAMMAD AL-MALIKI TIDAK HANYA BELAJAR DI AL-HARAMAIN , TETAPI UNTUK MENYEMPURNAKAN PENGEMBARAAN MENUNTUT ILMU,BELIAU BERANGKAT KE BEBERAPA NEGERI DIANTARANYA MAROKO,MESIR,INDIA, PAKISTAN, LYBIA DAN LAINNYA. DISANALAH BELIAU BERJUMPA DENGAN SEJUMLAH ULAMA TERKEMUKA YANG KEMUDIAN MEMBERIKAN IJAZAH-IJAZAH KEPADA BELIAU.

MENGAJAR DIMASJIDIL HARAM
SETELAH TIGA HARI DARI KEWAFATAN AYAHANDA BELIAU PADA TAHUN 1391 H, BELIAU DIMINTA OLEH SEJUMLAH ULAMA MAKKAH YANG DIKETUAI OLEH SYEIKH HASAN MUHAMMAD MASYSYATH UNTUK MENGGANTIKAN POSISI AYAHANDA BELIAU MENGAJAR DI MASJIDIL HARAM. SETELAH ITU BELIAU RESMI MENGGANTIKAN MAJELIS AYAHANDA BELIAU YANG MENINGGAL PADA MALAM RABU 25 SHAFAR 1391 H.

BELIAU BENAR-BENAR TELAH MENEMPUH JALAN AYAHANDA BELIAU DALAM MEMBERIKAN PENGAJARAN, MEMBERI PETUNJUK MEREKA YANG TAK TAHU ARAH, MEMBERIKAN PENERANGAN DAN KELEMBUTAN HATI, DAN TAK JARANG DENGAN PEMBAHASAN BELIAU YANG BEGITU MENYENTUH, AIR MATA MENGALIR DAN MEMBERIKAN BEKAS PADA HATI ORANG YANG MENYIMAKNYA. SUNGGUH BELIAU ADALAH SEBAIK-BAIK GENERASI PENERUS BAGI GENERASI YANG SUDAH LEWAT.

SEBENARNYA BELIAU SUDAH MULAI MENGAJAR SEBELUM BALIGH , SAAT USIA BELIAU SANGAT MUDA . ATAS PERINTAH AYAHANDA BELIAU AL-IMAM AS SAYYID ALAWI BIN ABBAS AL-MALIKI. AS SAYYID ALAWI MEMERINTAH PUTERANYA ITU AGAR MENGAJAR SETIAP KITAB YANG SUDAH DIKHATAMKAN BELIAU. BAHKAN SEBAGAI PELAJARAN DAN UNTUK MEMBERI DUKUNGA KEPADA PUTRANYA, ASSYYID ALAWI MENYURUH BEBERAPA MURID-MURIDNYA AGAR MENGHADIRI MAJELIS PUTERANYA.

BELIAU SENANTIASA TEKUN MENGAJAR ILMU-ILMU ISLAM. ARABIYAH, DAN SEJARAH SEHINGGA MENJADI RUJUKAN MANUSIA UNTUK MEMINTA FATWA ATAU MENDAPATKAN SETETES DARI SAMUDERA ILMU YANG ALLAH ANUGERAHKAN KEPADA BELIAU.

HALAQAH ILMIYAH BELIAU CUKUP DIKENAL OLEH PENDUDUK MAKKAH. HALAQAH INI MERUPAKAN TRADISI ILMIAH TURUN TEMURUN SELAMA RATUSAN TAHUN LAMANYA YANG SENANTIASA DITEKUNI OLEH DATUK-DATUK BELIAU, YANG SEMULA BERTEMPAT DI MASJIDIL HARAM DAN PADA AKHIRNYA DIPINDAH DIKEDIAMAN BELIAU.

AYAH DAN KAKEK BELIAU ADALAH KETUA PARA KHATIB DAN DAI DIKOTA MAKKAH. DEMIKIAN JUGA DENGAN BELIAU,PROFESI TERSEBUT DIGELUTI YAKNI SEJAK TAHUN 1971 DAN HARUS BERAKHIR PADA TAHUN 1983, SAAT BELIAU DICEKAL DARI KEDUDUKAN TERHORMAT ITU AKIBAT PENERBITAN KITAB BELIAU YANG BERJUDUL “ MAFAHIM YAJIBU AN TUSHAHHHAH ( PEMAHAMAN-PEMAHAMAN YANG HARUS DILURUSKAN ), SEBUAH KITAB YANG BANYAK MELURUSKAN PAHAM YANG SELAMA INI DIYAKINI OLEH ULAMA-ULAMA WAHABI. PAHAM WAHABI SANGAT MENGUASAI KEYAKINAN MAYORITAS ULAMA SAUDI ARABIA DAN MEMPUNYAI PERAN BESAR DALAM MEMPENGARUHI KEBIJAKAN-KEBIJAKAN PEMERINTAH.

SETELAH PENCEKALAN BELIAU DARI PENGAJIAN UMUM DAN KHUTBAH, BELIAU MENDEDIKASIKAN DIRI BELIAU DALAM PENDIDIKAN SECARA PRIVAT KEPADA RATUSAN MURID-MURID BELIAU, DENGAN PENEKANAN MURID-MURID DARI ASIA TENGGARA, DIKEDIAMAN DIJALAN AL-MALIKI DI DISTRIK RUSHAIFAH MAKKAH.

MAJELIS TA’LIM BELIAU, DAN JUGA AYAH BELIAU, SAYYID ALWI AL-MALIKI, TIDAK BERKONSENTRASI PADA SATU DISIPLIN ILMU SAJA, ATAU HANYA DIKHUSUSKAN PADA KALANGAN TERTENTU. NAMUN TERUNTUK SIAPA SAJA . KARENA ITULAH , BELIAU BERUSAHA MEMPERSIAPKAN DESAIN RUMAH BELIAU UNTUK KEPERLUAN INI.

DIRUMAH BELIAU, DIBANGUN RUANGAN ( QA’AH ) YANG CUKUP LUAS, KARENA SETIAP HARI DIPERGUNAKAN UNTUK MENAMPUNG JAMA’AH DALAM HALAQAH ILMIYAH YANG DIASUH BELIAU, TIDAK KURANG DARI 500 ORANG DALAM SETIAP HARINYA, MULAI BA’DA MAGHRIB HINGGA BA’DA ISYA. BELIAU MENYAMPAIKAN PELAJARAN, SERTA MENYAMBUT PARA TAMU DAN THALIBUL ILMI DITEMPAT ITU.

BAHKAN, MAJELIS BELIAU SELALU DIHADIRI OLEH PARA ULAMA DAN PEJABAT, BAIK DARI SAUDI ARABIA SENDIRI MAUPUN DARI LUAR NEGERI, YANG DATANG UNTUK MELAKSANAKAN IBADAH HAJI ATAU ZIARAH. PRAKTIS, MAJELIS ITU MENJADI AJANG TA’ARUF DAN SILATURRAHMI YANG DIFORMAT OLEH SAYYID MUHAMMAD SECARA SEDERHANA, DENGAN DIDUKUNG OLEH SIFAT BELIAU YANG BEGITU SIMPATIK. BELIAU SELALU MENANYAKAN KABAR PARA JAMA’AH YANG ISTIQAMAH DATANG KEMAJELIS TERSEBUT.
( BERSAMBUNG )


DIKUTIP DARI BUKU : MUTIARA AHLU BAIT DARI TANAH HARAM
KARYA : AL-USTADZ AL-HABIB SHOLEH BIN AHMAD AL-AYDRUS
HALAMAN : 08-12
DIKETIK ULANG : AHMAD BIN FAQIH BASYAIBAN

Tidak ada komentar:

Posting Komentar